Skip to main content

MEDOCAS



MEDOCAS adalah singkatan dari Medicine Doctor Assistant. Ini merupakan aplikasi bantu untuk orang sakit atau teman yang sakit. Dengan aplikasi ini harapannya bisa membantu masyarakat umum.

Awal Ide

                Saat itu, tim #1000StartupDigital singgah kekota Medan, tepatnya di bulan maret 2017.  Awalnya yang baik untuk membuka konsep pikiran untuk memulai membangun bangsa dan Negara dengan sebuah gerakan kecil yang mengubah Indonesia.  Di session I ignition, Dari acara ini, segala masukan dan semangat yang diberikan pembicara sekaligus pendiri KIBAR Bapak Yansen Kamto , membuat aku semakin terpacu untuk mencari masalah di kota ini terlebih dahulu kemudian nantinya mencarikan solusinya.


                Berbekal dari dari acara tersebut,aku mulai bertanya-tanya kepada teman-teman kost tentang permasalahan yang dihadapi sehari-hari. Ada banyak list permasalahan teman-teman kost, dan juga mungkin termasuk permasalahan ku juga, mulai dari permasalahan : 1. Tidak ada uang (karna kiriman dari orang tua pas-pasan), 2. Cinta, 3. Tugas Mata kuliah yang banyak, 4. Sakit, 5.info tempat wisata yang murah dan indah, 6. Dosen yang cerewet, dan lain-lain.
                Berawal dari situ, saya memilih salah satu permasalahan yaitu SAKIT. Kenapa memilih ini? Karna, saya melihat sendiri teman kost yang sedang sakit. Berjuang sendiri dan mandiri karna jauh dari orang tua. Jadi ketika sedang jatuh sakit tidak ada yang memperhatikan secara penuh dan intensif, sehingga harus berjuang sendiri.

Konsep

                Berawal dari permasalahan tersebut. Saya ingin menciptakan sesuatu bantuan, sebuah aplikasi yang bisa membantu memecahkan permasalahan itu. Sesudah itu, aku ingin menciptakan sebuah aplikasi yang sangat berguna untuk kita disaat sedang sakit sekalipun. Dimana kita tak perlu banyak menghabiskan banyak waktu untuk melakukannya. Aku ingin membantu seorang yang sakit terobati dan si penyedia jasa juga terbantu. Dimana dengan aplikasi ini kita bisa mengaksesnya darimana saja, kapan saja dan siapa pun. Dengan mudah dan baik semua bisa dilakukan dengan aplikasi ini.
Dengan hal itu aku membuat ide sebuah aplikasi “MEDOCAS”. Sebuah aplikasi asisten pribadi yang dapat digunakan baik yang sedang sakit ataupun orang yang tidak sedang sakit juga.

Fitur – Fitur

                Medocas ini merupakan alat bantu dari pengguna ke penyedia jasa. Dengan aplikasi ini interaksi dapat dilakukan sesegera mungkin antar pengguna dan penyedia jasa.  Adapun beberapa fitur-fitur yang dapat membantu melengkapi aplikasi ini sebagai berikut:

·         TokoObat

Dengan fitur ini, pengguna jasa dapat membeli obat-obat yang diperlukan. Dimana ini sudah bekerja sama dengan penyedia jasa penjual obat yang terdekat dengan kota pengguna (dengan catatan penjual adalah toko obat yang sudah memiliki izin usaha dan menerima resep dokter ahli)








·         Peta

Fitur ini adalah penunjuk arah jalan serta lokasi rumah sakit yang ada di sekitar. Dimana pengguna mengetahui letak rumah sakit yang terdekat dengan lokasi pengguna sehingga pengguna bisa tertangani dengan baik dan cepat. Fitur ini sudah bekerja sama penyedia jasa peta.






·         Tanya Dokter

Fitur ini merupakan komunikasi antara pengguna dengan dokter. Di fitur ini aku memuat pertanyaan pasien terhadap dokter, tips kesehatan, dan pola hidup yang sehat dan baik. (fitur sudah bekerja sama dengan dokter baik dokter umum,spesialis dan dokter anak)








·         Bantuan

Fitur ini membantu pengguna untuk dapat pertolongan sesegera mungkin. Dalam fitur ini juga tersedia nomor bantuan untuk darurat serta nomor telepon rumah sakit terdekat dikota pengguna. Dengan fitur ini pengguna langsung bisa menghubungi rumah sakit melalui handphone nya.





 Akhir kata

                Dengan  penjelasan diatas tersebut, besar harapan saya untuk bisa mewujudkan aplikasi ini bersama tim serta bantuan dari tentor yang handal dan besar harapan saja juga pada Bapak Yansen Kamto untuk dapat mewujudkan aplikasi.

Terimakasih

Comments

Popular posts from this blog

Tambal Ban usahaku

(berdasarkan kisah nyata) Rejeki   itu Pasti   Ada bagi yang berusaha dan berdoa.                  Dingin malam adalah teman ku sehari-hari. Ini bukan karna aku suka keluar malam, tapi ini aku pekerja kasar dan pekerja malam. Aku mencari rejeki saat orang lain tidur nyenyak di malam hari tapi aku harus tetap terbangun sampai matahari pagi kembali aku sambut.

GAMBAR MENJEMUR PAKAIAN MASYARAKAT UMUM DI INDONESIA

Menjemur pakaian adalah hal yang biasa kita lakukan sehari-hari. Seringkali kita melihat menjemur pakaian di tempat yang terang dan banyak cahaya, agar harapan pakaian tersebut cepat kering dan banyak terkena cahaya matahari yang dimana untuk membantu proses pengeringan pakaian. Alih-alih berharap cepat kering, jadi pakain yang basah dijemur ditempat-tempat yang sangat umum kita lihat. Walaupun demikian kita juga sering melihat disekitar kita dan menganggap hal yang biasa. Hahaha….

10 KEBIASAAN ORANG INDONESIA YANG MESTI DIKETAHUI DAN DISADARI

Ohh.. orang Indonesia ya… yap, Indonesia sangat   terkenal di dunia. Mulai dari alamnya yang subur, lautnya yang indah dan kaya, Budaya yang kental dan kuat , serta tradisi yang masih alami dan ada hingga sampai saat ini. Itu sebabnya kementerian pariwisata Indonesia, memberi Tagline “Wonderful Indonesia”. Ini bukan lain untuk menunjukkan betapa kaya dan suburnya Indonesia. Menarik dan dinamisnya Indonesia, yang memiliki ciri tersendiri dan perbedaan pada setiap daerah yang dimiliki oleh Indonesia.