Skip to main content

10 KEBIASAAN ORANG INDONESIA YANG MESTI DIKETAHUI DAN DISADARI



Ohh.. orang Indonesia ya… yap, Indonesia sangat  terkenal di dunia. Mulai dari alamnya yang subur, lautnya yang indah dan kaya, Budaya yang kental dan kuat , serta tradisi yang masih alami dan ada hingga sampai saat ini.
Itu sebabnya kementerian pariwisata Indonesia, memberi Tagline “Wonderful Indonesia”. Ini bukan lain untuk menunjukkan betapa kaya dan suburnya Indonesia. Menarik dan dinamisnya Indonesia, yang memiliki ciri tersendiri dan perbedaan pada setiap daerah yang dimiliki oleh Indonesia.

                Yahh.. itulah Indonesia. Penulis tidak akan merangkum keindahan Indonesia di blog ini ya.. Tapi penulis ingin berbagi beberapa kebiasaan buruk orang Indonesia yang mungkin juga dialami pembaca dan penulis juga. He..he..he

1.   Selalu menjulurkan tangan di kendaraan saat hendak kekiri ataupun kekanan.

“Di, kita mau belok kearah kanan. Julurkan tangan kanan mu dulu.” Itu sepenggal cerita ketika sedang mengenderai kendaraan bermotor. Yap, Orang Indonesia sering menjulurkan tangan ketika hendak berbelok kanan/kiri ataupun memutar balik arah. Hal ini sangat membahayakan sekali. Tapi hal ini sepertinya lazim di keseharian kita. Sepertinya kita lebih percaya pada tangan ya, dari pada perusahaan-perusahaan motor yang mengeluarkan biaya yang besar buat tanda lampu sin. Hahaha… namanya juga Indonesia, selalu saja unik.





2.  Jika naik kendaraan umum, selalu bertanya suatu tempat walau sudah tertulis tujuan angkot di tiket atau pun di kaca depan kendaraan umum

“Bang.. ke Medan ya”. Iya bu.. silahkan naik..
Seringkali tanpa kita sadari menanyakan sesuatu yang jelas-jelas sudah ada tertulis. Hal ini karena keraguan penumpang terhadap Bus yang akan dinaiki. Karna memang sih tujuannya ke suatu tempat tapi terkadang supir angkot/bus kadang tidak sampai tujuan, dengan alasan tidak ada lagi sewa jadi terlalu jauh dan menghabiskan bensin saja. Atau sudah terlalu malam jadi terlalu rawan penculikan. Atau sering juga karna ada panggilan sewa bus/angkot oleh orang yang rombongan,jadi penumpang yang ada didalam diturunkan di sembarang tempat dan disarankan mencari bus/angkot yang lain. Kan kurang ajar kali tuh supir… hahaha

3. Payung

Indonesia terkenal dengan hujan hutan tropis, yang artinya sepanjang tahun akan ada musim hujan. Nah, kalo musim hujan pasti ada saja yang mengeluh. Kebiasaan orang Indonesia nih, selalu lupa bawa Payung. Padahal pasti akan ada turun hujan,walau intensitas ringan dan sedang. Tapi, alih-alih tidak repot bawa payung setiap hari, apapun dijadikan pelindung kepala jika hujan turun, mulai dari kantong plastic, Koran, majalah, karton,dan bahkan Tas juga. Hahaha.. dasar  pemalas.

Padahal selain hujan, payung juga berfungsi untuk melindungi dari panas terik matahari.. ( adek ke panasan ya.. sini abang payungi kamu…asikkkk.. ^_^ )

Ayo.. jangan malas bawa payung ya.. apalagi sekarang musim hujan loh…

4. Meludah

“cuihh… joroknya..”. nah loh.. kok ada ya buang ludah sembarangan. Ini salah satu kebiasaan kita orang Indonesia selalu membuang ludah sembarangan. Tidak hanya tempat umum, kadang tempat pribadi juga. Paling umum sih penulis melihat di sekitaran pajak tradisional, di jalan umum, di jembatan bahkan di depan rumah makan juga. Pokoknya dimana saja lah..

Meludah ini padahal hal yang menjijikan loh, padahal kalo kita melirik di Negara tetangga Singapura, dengan Negara kecil tapi mereka sangat menyukai kebersihan, apalagi meludah adalah hal yang sangat dilarang disana, kena denda loh..

Ayo jangan meludah sembarang demi kebersihan kita dan orang lain serta lingkungan kita.

5. Ngaret/ Telat

“Bang, kenapa telat sihh… “. Ngaret alias telat. Ini nih kebiasaan orang Indonesia juga. Hmmm…. Janji jam berapa datang juga jam berapa. Memang banyak sih yang jadi alasan mulai dari lupa, telat bangun dan paling sering alasan macet. Hahaha… kapan ya harga jam itu bisa mahal di Indonesia.

Sering telat sih sudah menjadi kebiasaan ya, jadi semua terbengkalai dan tidak sesuai waktu yang ditentukan. Wah cepat-cepat ambil sikap nih sama orang yang sering ngaret ya…

6. Sambal atau makan cabai rawit mentah-mentah


Kebiasaan ini belum bisa untuk ditinggalkan untuk beberapa orang atau suku. Mungkin sudah menjadi tradisi juga ya. Beberapa orang yang penulis tanyakan (tapi sambil makan juga loh) kenapa menggabungkan sambal dengan nasi atau memakan cabai mentah dengan Gorengan/cemilan lain, tidak lain  adalah karna ada sensasi pedas yang bisa menambah selera makan. 

Ayo, siapa nih yang sering makan dicampuri sambal… bagus juga sih tapi jangan kebanyakan bisa tambah penyakit juga nanti.

7. Ngetem sembarangan

“Pak Supir di depan nanti saya turun ya..”
Bus atau angkot  yang sering ngetem (berhenti) sembarang tempat, ini juga kebiasaan orang Indonesia yang cukup menyebalkan. Banyak nya bus/angkot yang ngetem sembarangan tempat membuat kemacetan yang sangat parah.  Hal ini dilakukan karna demi mengejar penumpang dan setoran sehari-hari. Belum lagi fasilitas umum, seperti halte bus/angkot yang tidak terawat dan kurang memadai dan juga kondisi tempat lokasi penduduk yang sulit dijangkau juga yang membuat para supir-supir ngetem sembarangan. Padahal kita berjalan kaki juga bisa membantu mengurangi gas emisi dan sehat tentu nya
Ayo jalan kaki sama abang dek, biar capek kita… hahaha.

8. Memberhentikan kendaraan bermotor dengan satu tangan saat hendak menyebrang jalan

Nah loh, siapa nih yang malas nyebrang di jembatan penyebrangan. Dengan nyebrang sembarang dan memberhentikan mobil yang lalu lalang dengan tangan di jalan raya. Niatnya sih mau gunakan jembatan penyebrangan, tapi malas akh, soalnya jembatannya tidak terawatt dan jorok ,dan jembatan terlalu menanjak naik keatas membuat capek. Hmm… benar juga sih, kalau dilihat jembatan penyebrangan di Medan (kebetulan Penulis Tinggal di Medan) memang kurang terawat dan kotor. 
Tapi harus menggunakan jembatan penyebrangan loh, karya nyawa lebih berharga daripada capek.

9. Buang sampah sembarangan.

Bersih.. bersih.. bersih..
Kebiasaan membuang sampah sembarangan sudah sangat membahayakan sekali. Anda bisa jumpai sampah ada dimana-mana. Mulai dari di jalan raya, pasar tradisional, permukiman penduduk dan tempat pembuangan sampah juga. Kurang nya tindakan bersih, serta kurang menjaga kebersihan, membuat sampah mudah jumpai dimana-mana.

10. Males antri

Kebiasaan males Antri ini lah membuat ketidak teraturan dan tak jarang sering menjadi perkelahian karna tidak mau mengantri. Kebiasaan ini didasari males berdiri atau tidak menunggu lama. Jadi tak jarang sering main menang sendiri, dan tak jarang juga ada orang terluka karna sikap ketidakteraturan kita.

Ini hanya sedikit kebiasaan yang penulis angkat ke blog, mungkin ada pembaca yang ingin berbagi masukan untuk kebiasaan-kebiasaan orang Indonesia yang memang terjadi di depan umum, penulis dengan senang hati menerima, silahkan email penulis atau silahkan komentar.
Terima kasih banyak.

Comments

Popular posts from this blog

Tambal Ban usahaku

(berdasarkan kisah nyata) Rejeki   itu Pasti   Ada bagi yang berusaha dan berdoa.                  Dingin malam adalah teman ku sehari-hari. Ini bukan karna aku suka keluar malam, tapi ini aku pekerja kasar dan pekerja malam. Aku mencari rejeki saat orang lain tidur nyenyak di malam hari tapi aku harus tetap terbangun sampai matahari pagi kembali aku sambut.

GAMBAR MENJEMUR PAKAIAN MASYARAKAT UMUM DI INDONESIA

Menjemur pakaian adalah hal yang biasa kita lakukan sehari-hari. Seringkali kita melihat menjemur pakaian di tempat yang terang dan banyak cahaya, agar harapan pakaian tersebut cepat kering dan banyak terkena cahaya matahari yang dimana untuk membantu proses pengeringan pakaian. Alih-alih berharap cepat kering, jadi pakain yang basah dijemur ditempat-tempat yang sangat umum kita lihat. Walaupun demikian kita juga sering melihat disekitar kita dan menganggap hal yang biasa. Hahaha….